Jumat, 02 Juni 2017

Istilah Dalam Android

ISTILAH DALAM ANDROID

Berikut ini beberapa istilah pada Android :

★ BOOTLOOP ★
Bootloop adalah sebuah kondisi dimana Smartphone kita terus menerus melakukan boot dan tidak dapat melanjutkan ke proses berikutnya.
Sistem kerja bootloop sama halnya ketika kita hidupkan smartphone kita akan terjadi boot dan setelah itu smartphone akan kembali melakukan restart, dan begitupun seterusnya.
Biasanya keadaan bootloop ini terjadi karena adanya kesalahan dari modifikasi sistem operasi.

★ CUSTOM RECOVERY ★
Custom Recovery merupakan recovery mode yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga memiliki fungsi yang lebih banyak dari recovery mode standard yang sudah ada dalam sistem Android.
Fungsi Custom Recovery antara lain untuk menginstal Custom Rom, Wipe Data, Wipe Cache, Backup system maupun data ke SD Card, dll.
Contoh Custom Recovery adalah CWM, TWRP, Philz, dll.

★ FIRMWARE ★
Firmware silahkan baca pengertian dari "ROM" di bawah.

★ IMEI ★
IMEI singkatan dari International Mobile Station Equipment Identity. IMEI terdiri dari 15 digit angka. IMEI Membawa informasi tentang ponsel yang bersangkutan seperti pabrik pembuat ponsel, model ponsel, dsb.
Anda bisa cek IMEI dengan menekan kombinasi tombol *#06# pada tombol panggil.
Operator bisa mendeteksi merk maupun tipe ponsel yang sedang digunakan melalui IMEI, jika IMEI hilang maka secara otomatis operator akan memblock sinyal dan ponsel tidak bisa digunakan untuk berkomunikasi.

★ ROM
ROM singkatan dari Read-Only Memory, yang merupakan sebuah media penyimpanan dari sebuah perangkat yang berisi data dari Operating System Android tersebut.
Penggunaan standar dari ROM ini adalah bersifat tetap dan tidak dapat diubah maupun di edit, yang bertujuan agar pengguna tidak merubah atau memodikasi sistem yang ada karena dapat menyebabkan perangkat sistem operasi Android tidak dapat berfungsi normal.
Untuk ROM sendiri ada 2 jenis, yaitu Stock ROM dan Custom ROM.
Stock ROM merupakan sebuah Firmware yang secara resmi dibuat dikeluarkan oleh developer dari smartphone yang bersangkutan.
Sedangkan untuk Custom ROM adalah Sebuah Firmware Resmi yang sudah dimofikasi oleh sekelompok orang / individu sedemikian rupa sehingga menjadi Sistem Operasi yang berbeda tergantung modifikasi apa yang telah diubah.

★ ROOT / ROOTING ★
Root / Rooting adalah sebuah proses untuk mendapatkan hak akses user administratif dari Sistem Operasi di smartphone yang kita gunakan sehingga kita bisa bebas memodifikasi data di dalamnya.
Untuk dapat melakukan Root , Pengguna harus menyipkan beberapa bahan dan alat tersendiri yang digunakan untuk melakukan root tersebut.
Namun harus digunakan secara hati hati, karena jika kita salah proses, bisa saja smartphone kita terjadi bootloop.
Android memanglah sebuah Sistem Operasi yang Open Source, artinya pengguna dapat melakukan modifikasi apapun. Namun, untuk mencegah terjadi hal yang tidak diinginkan, biasanya pihak developer sendiri telah membatasi akses user administratif tersebut.

★ UPGRADE / DOWNGRADE ★
Upgrade / Downgrade adalah suatu proses mengganti Versi Android dengan yang lebih baru (Upgrade) atau dengan yang lebih lama (Downgrade).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar